Sabtu, 28 Juli 2012

Blogger Horizontal Tab Menu

Ada beberapa cara untuk membuat navigasi menu horizontal menu di blogger. Satu diantarannya adalah menggunakan fitur "Laman/Pages" yang terletak di Basbor/Dasboard. Melalui fitur ini anda dapat menampilkan sebuah alamat web/blog, alamat posting di post page dan posting yang dibuat di halaman statis. Setiap menu akan berisikan nama/judul/title yang dibuat melalui fitur "laman/page" yang di dalamnya berisi URL/alamat tertentu sesuai dengan alamat yang disimpan/digunakan.

D E M O


Anda bisa melihat tab horizontal yang dibuat melalui "fitur Laman/Pages" tepat di atas posting ini. Tab menu berisikan beberapa alamat web dan alamat posting di halaman statis. Coba klik untuk mengetahui kinerja tab menu horizontal (navigasi horizontal) tersebut.

Cara Membuat




Gambar-1



Gambar-2


  1. Login ke Blogger
  2. Dasbor/Dasboard
  3. Laman/Pages
  4. Perhatikan pada selector Laman baru (New page)
    • Pilih Laman kosong (Blank page)
      Laman kosong berfungsi ntuk membuat posting di halaman statis. Judul posting/post title dari posting ini nantinya akan ditampilkan sebagai link di horizontal tab menu. Posting bisa berupa berbagai hal yang berkaitan dengan blog atau bukan. Anda bisa juga mengisinya dengan "tentang anda dalam bentuk yang lebih detail" atau "hal-hal lain penunjang posting". Cara membuat posting di halaman statis tak berbeda dengan posting yang biasa dilakukan.
    • Pilih Alamat web (Web Address)
      Digunakan jika anda ingin menampilkan web/blog lain di horizontal tab menu. Tuliskan nama dan alamat blog/web. Anda bisa juga mengisinya dengan alamat sebuah posting, misalnya!
      Contoh :
      Nama/judul/title : gubhugreyot
      Alamat web/web address : http://gubhugreyot.blogspot.com
  5. Setelah anda buat posting di halaman statis dan/atau membuat menu bagi alamat web, perhatikan pada selector Tampilkan laman sebagai (Show pages as)
    pilih » Tab atas (Top tabs)
  6. Simpan setelan (Save arrangement)
  7. Buka blog dan lihat tab menu horizontal baru anda di atas halaman posting/di bawah header blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar